pantai bingin beach

Bingin Beach Uluwatu, Pantai Tersembunyi Di Bali Diburu Para Surfer

Posted on

Pantai Bingin memang tersembunyi, namun tidak menyembunyikan keindahannya! Mendegar nama Bali, dalam bayangan kita pasti bermuara kepada pantai, salah satunya adalah Pantai Bingin.

Lokasi pantai Bingin sebenarnya tidak terlalu tersembunyi, bahkan pantai ini bisa terlihat jelas dari Pantai Dreamland, hanya saja kalau dari Pantai Dreamland harus naik perahu atau berenang, karena Pantai Dreamland dan Pantai Bingin dipisahkan oleh tebing yang cukup tinggi, dan tidak mungkin dilewati apalagi kalau laut sedang pasang.

Pantai Bingin Beach Uluwatu
Bingin Beach Uluwatu, Foto:s3.amazonaws.com

Sama halnya dengan pantai yang berada di bagian selatan Pulau Bali, Pantai Bingin memiliki pasir bertipe kasar dengan hamparan karang di tepiannya. Meski begitu hamparan karang ini menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri bagi Pantai Bingin. Ketika air laut mulai surut hamparan karang ini akan membentuk kolam – kolam yang berarus tenang dan sangat cocok untuk berenang.

Banyak surfer datang ke pantai Bingin di siang hari untuk berselancar, pantai ini memiliki ombak yang sangat bagus. Inilah alasan mengapa banyak orang bule, yang rela membayar mahal jauh – jauh pergi dari negara asalnya hanya untuk surfing, merasakan tantangan ombak di Pantai Bingin.

Pantai Bingin Beach Uluwatu
Bingin Beach Uluwatu, Foto:www.balisurfadvisor.com

Jika tidak ingin merasakan sensasi surfing di Pantai Bingin, tempat ini juga sangat cocok untuk sekedar bersantai sambil menunggu sambil menunggu sunset. seperti saya yang hanya seharian menikmati suara ombak pantai ini sambil membaca buku.

Jangan takut kelaparan, ada banyak warung disekitar pantai ini, meskipun ratenya internasional. Harga segelas ginger tea (teh jahe hangat) bisa mencapai Rp. 8.000 segelasnya. Meskipun begitu jika melihat keindahan pemandangan natural dari pantai ini, harga 8.000 tak sebanding.

Pantai Bingin Beach Uluwatu
Bingin Beach Uluwatu, Foto:static.asiawebdirect.com

Banyak akomodasi dan penginapan bertebaran sebagai private villa di pantai ini. Bahkan beberapa ada yang ratenya mulai dari Rp. 150.000 saat low season namun bisa naik menjadi mulai dari Rp. 250.000 pada saat high season.

Lokasi pantai yang memang agak tersembunyi, bagi pengunjung untuk mencapai Pantai Bingin ini sebaiknya memanfaatkan Google Maps di smartphone. Kalaupun masih bingung, bertanyalah pada penduduk setempat.

Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Bingin adalah sore hari, dimana para surfer mulai beraksi. Tak hanya  itu saja, di sore hari pengunjung juga bisa menikmati sunset yang indah. Pantai ini tidak cocok untuk bermain pasir karena konturnya berupa bebatuan karang.

Bingin Beach Uluwatu
Bingin Beach Uluwatu, Foto:static.asiawebdirect.com

Jika hanya sekadar ingin bersantai, sebaiknya membeli makanan atau minuman di warung yang banyak bertebaran di sekitar pantai. Duduk saja, menikmati minuman dan makanan sembari menikmati aksi para surfer di kejauhan sudah sangat menghibur.

Karena lokasinya bersebelahan dengan Pantai Dreamland, jika laut sedang surut, dengan berjalan kaki saja pengunjung dapat mencapai Pantai Bingin ini. Tetapi sangat tidak direkomendasikan karena areal batu karang yang mungkin dapat mencederai, dan ombaknya lumayan besar dan berbahaya.

Pantai Bingin Beach Uluwatu
Bingin Beach Uluwatu, Foto:t-ec.bstatic.com

Tidak ada transportasi umum untuk menuju pantai Bingin ini, sebaiknya pengunjung membawa kendaraan sendiri jika ingin kesini dan dapat menggunakan kendaraan sewaan yang bertebaran di Bali. Sepeda motor adalah kendaraan yang paling pas, mengingat jalanan menuju ke pantai ini lumayan sempit.

Hingga saat ini tidak ada biaya tiket masuk untuk menuju ke Pantai Bingin, alias siapapun bisa berkunjung ke pantai ini secara gratis. (K-2)

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *