Dolphin Islan Kepulauan Seribu
pulau dolphin, Foto:1.bp.blogspot.com

Mengasingkan Diri Di Pulau Tak Berpenghuni Pulau Dolphin

Posted on

Pulau Dolphin, pantai perawan yang berada di kawasan Pulau Kelapa Kepulauan Seribu Utara. Pulau tidak berpenghuni, tanpa fasilitas juga tanpa dermaga labuh untuk kapal. Semua fasilitas disediakan langsung oleh alam, keindahan, alami, bersih, juga keanekaragaman pesona bawah lautnya.

Pulau Dolphin adalah surga kecil bagi para Backpackers, rata-rata mereka menempatkan Pulau Dolphin sebagai destinasi yang cocok dan layak untuk Camping, menginap minimal satu malam. Menikmati gradasi warna di pantainya yang jernih dan landai dan bakar ikan saat malam hari sambil menikmati gemerlapnya bintang di langit. Jangan lupa membawa perlengkapan yang lengkap, karena di pulau ini tidak tersedia fasilitas apapun, toilet, warung makan, minimarket atau atm.

Dibanding Pulau tak berpenghuni seperti Semak Daun, Pulau Dolphin bahkan lebih polos, tanpa dermaga bahkan tanpa penjaga pulau. Oleh karena itu kesadaran kita untuk menjaga alam haruslah lebih bertanggung jawab.

Pulau Dolphin
pulau dolphin, Foto:3.bp.blogspot.com

Selain sebagai salah satu spot camping tepi pantai terbaik di Kepulauan Seribu dengan pasirnya yang putih, dan kontur pantainya yang landai, Pulau Dolphin juga di kelilingi oleh spot snorkeling dan pulau-pulau tak berpenghuni lain yang cantik. Temukanlah batasan laut dalam di sekitar pulau saat bersnorkeling, jika beruntung kamu dapat menemukan nemo di terumbu karang yang masih hidup atau bahkan penyu.

Pulau Dolphin
pulau dolphin, Foto:img.okezone.com

dari Jakarta bisa memilih 2 (dua) dermaga untuk transportasi umum, dermaga Marina Ancol atau dermaga Kaliadem, Muara Angke dengan tujuan ke Pulau Kelapa atau Pulau Harapan dengan jarak tempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kapal cepat (speed boat) dan 3 jam dengan kapal fery atau kapal ojeg sebutan masyarakat setempat.

Pulau Dolphin
pulau dolphin, Foto:farm5.static.flickr.com

Atau jika mau lebih mudah dapat menggunakan jasa wisata atau operator wisata Pulau Seribu yang banyak tersedia. Namun jika berangkat sendiri menuju Pulau Dolphin Anda harus menyewa kapal jelajah di pulau setempat, untuk mendukung aktivitas snorkeling, jelajah pulau dan bersandar ke pantai Pulau Dolphin. Harga sewa berkisar 400.000 hingga 500.000 rupiah untuk kapasitas dibawah 20 orang.

Dengan menggunakan kapal jelajah, tidak sampai setengah jam Anda sudah bisa melihat dari dekat dan bahkan langsung bersandar ke tepian pantainya. Di Pulau Dolphin tidak tersedia dermaga labuh yang layak untuk perahu bersandar dan menurunkan penumpangnya. Tiap perahu harus langsung masuk dan menambatkan badannya di tepi pantai.

Pulau Dolphin
pulau dolphin, Foto:thenomaddict.files.wordpress.com

Untuk berkunjung ke Pulau Dolphin ini jangan lupa bawa cukup peralatan perlindungan diri, seperti obat-obatan ringan, sarung tangan, senter dengan baterai cadangan, jaket, peluit, dan peralatan berkemah laiannya yang memadai. Jangan pergi camping tanpa persiapan dengan baik, karena di Pulau ini tidak ada listrik, dan tak ada banyak orang untuk membantu Anda ! (K-2)

Pulau Dolphin
pulau dolphin, Foto:i.ytimg.com
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *