Pantai Jungwok Jogja
Pantai Jungwok Jogja

6 Fakta Menarik Pantai Jungwok Gunung Kidul

Posted on

1. Asal Muasal Pantai Jungwok

Pantai Jungwok yang masih benar-benar alami, termasuk pantai yang jarang dikunjungi di wilayah Gunung Kidul Jogja, karena jalurnya yang terjal berbatu dan gelap di malam hari, terlebih belum banyak fasilitas dan jumlah rumah penduduk pun masih bisa dihitung dengan jari, saat malam hari pantai ini terasa sangat sepi dan mencekam.

Pantai ini memiliki tiga aliran sungai air tawar yang seolah membaginya menjadi tiga bagian. Meskipun tidak terlalu luas, pantai ini bersih, sepi, tidak memiliki banyak pengunjung yang datang, dan menjadikannya seperti pantai pribadi. Garis pantai ini melengkung, dan konon katanya, bentuknya yang seperti cekungan inilah yang membuat pantai ini dinamai Jungwok.

Pantai Jungwok
pantai jungwok, Foto:1.bp.blogspot.com

Pemandangan khas pantai ini adalah batu karang besar di tengah pantai, yang dinamakan Watu Topi atau Batu Topi, dan sering digunakan penduduk setempat untuk memancing atau memasang perangkap lobster.

2. Rute dan Lokasi Pantai Jungwok

Rute menuju pantai Jungwok: Lokasi pantai Jungwok terletak sekitar 500-1000 meter di sebelah timur pantai Wediombo dan sebelah barat pantai Greweng. Rute tercepat dari kota pusat kota Jogja menuju pantai Jungwok, jika menggunakan kendaraan pribadi roda empat membutuhkan waktu 2 jam 19 menit, jika menggunakan kendaraan roda dua bisa lebih cepat, dengan rute jalur Jogja-Wonosari. Melalui jalan Nasional III dan jalan Yogyakarta – Wonosari, lalu masuk ke jalan Kiyai Legi, hingga masuk ke jalan Pantai Selatan dan jalan Wediombo Jungwok.

Lokasi Pantai Jungwok
Lokasi Pantai Jungwok

Anda juga bisa mengambil rute Bantul melalui jalan Imogiri Timur, atau memalaui jalur Playen Dlingo, lalu masuk ke jalan Kiyai Legi, dan Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan mengikuti rute di atas. namun waktu yang dibutuhkan 5 menit lebih lambat, atau melalui jalan Imogiri Barat namun akan 12 menit lebih lambat.

Jika ingin menggunakan angkutan umum jadi pilihan kamu, dari terminal Giwangan kamu bisa menggunakan jurusan ke Wonosari, lalu ambil yang ke arah Jepitu, dan dari sana Anda harus naik ojek.

Pantai Jungwok
pantai jungwok, Foto:static.limakaki.com

3. Pantai Jungwok tergolong pantai yang masih perawan.

Medan menuju Pantai Jungwok masih tergolong belum memadai, sebaiknya Anda membawa kendaraan pribadi karena jalan ke pantai ini cukup sulit ditempuh. Terkadang, jalanannya yang terjal dan licin jika terjadi hujan. Tapi ini justru menjadi nilai lebih dari pantai ini, karena tergolong jarang dirambah manusia, sehingga masih tergolong alami, dan ini yang menjadi santapan lezatnya penghobi tracking. Buat kamu yang kurang suka berjalan kaki, mungkin lebih baik menggunakan kendaraan roda untuk menuju area pantai.

Pantai Jungwok
pantai jungwok, Foto:www.wsrentaljogja.com

Lelah yang terbayar Impas: Meskipun untuk bisa sampai ke pantai ini cukup menguras tenaga, namun rasa lelah itu terbayarkan begitu kamu menginjakkan kaki di sana dan melihat pemandangan yang ada. Karena letaknya yang berbatasan dengan perairan inilah, membuat pantai ini menyajikan pemandangan indah, dan masih belum banyak orang tahu.

4. Camping ala Backpacker di Pantai Jungwok.

Berkemah dipantai ini jadi opsi yang paling kami sarankan. Karena suasananya yang tenang, masih alami, dan belum banyak fasilitas, pantai ini pas banget nih dijadikan sebagai lokasi camping. Jang lupa ya untuk membawa bekal sendiri karena belum banyak warung makan yang tersedia. Kamu juga bisa membeli kayu bakar untuk membuat api unggun di sini, dan tidak usah sungkan memita bantuan penduduk sekitar jika kamu memerlukan sesuatu.

Camping ala Backpakeran di Pantai Jungwok
Camping ala Backpakeran di Pantai Jungwok

Inget,, kalau kamu ngecamp disana jangan sampai ninggalin sampah ya, ini nih kecenderungan alayers, katanya takjub sama keindahan alam, eh ujung ujungnya nyampah, tapi kami yakin itu bukan kamu, deal ?

Kebetulan tim Blue Turtle jalan jalan ngga sempet ngecamp disini nih, buat kamu yang punya pengalaman ngecamp disini, boleh dong share pengalamannya lewat comment dibawah..

5. Cerita Mistis di Pantai Jungwok.

Tidak sedikit hal aneh yang dialami traveler saat berkemah di sini, seperti samar-samar terdengar lolongan anjing atau serigala dari suatu tempat. Dan beberapa hal yang dianggap mistis oleh para penduduk sekitar. Namun, selama kita tidak bicara dan berbuat macam-macam, tidak mengotori atau merusak alam di sana, dan tidak melanggar peraturan yang ada, kita bisa tenang berkunjung dan berkemah di sana.

Pantai Jungwok
pantai jungwok, Foto:eksotisjogja.com

6. Lokasi Wisata Pantai sekitar Pantai Jungwok

Di antara puluhan pantai yang terdapat di kawasan pantai Gunung Kidul, ada beberapa lokasi wisata pantai yang jaraknya terdekat dari pantai Jungwok, selain pantai Wediombo dan pantai Greweng, Anda juga bisa mengunjungi pantai Jogan yang memiliki perpaduan eksotik antara air terjun dan laut, atau pantai Nglambor yang cocok bagi kamu hobi snorkeling.

Pantai Jungwok Gunung Kidul
Pantai Jungwok Gunung Kidul

Keep Awesome, Jaga kelestarian alam, dan buanglah sampah pada tempatnya.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *