Pantai Pink Pulau Komodo
pantai pink pulau komodo, Foto:komodocolossaltours.com

Pantai Pink Pulau Komodo Surga Yang Belum Tereksplorasi

Posted on

Pantai Tangsi atau Pantai Pink di Lombok, tepatnya di Pulau Komodo. Di kedua pantai tersebut kita dapat menjumpai fenomena yang sama yaitu memiliki pantai dengan pasirnya yang berwarna pink dan hanya ada 7 pantai di dunia dengan fenomena ini.

Tentunya sangat membanggakan bahwa di Indonesia memiliki sejumlah pesona alam yang unik. Bagi Taman Nasional Komodo sendiri, keberadaan Pink Beach dikawasan ini semakin menambah keajaiban selain hewan purba bernama berjenis Komodo, dan 277 spesies hewan lainnya dari dataran Australia dan Asia.

Pink  Beach Komodo Island
pantai pink pulau komodo, Foto:www.harianindo.com

Warna pasir pantai ini tidak sepenuhnya merah ataupun merah muda, melainkan perpaduan antara warna merah muda dan putih. Berbeda dengan Pantai Tangsi yang warna pasirnya disebabkan oleh koral merah yang terdampar di pantai, warna merah muda di pasir Pantai Pink Komodo hingga saat ini belum diketahui penyebabnya.

Sebagian orang menganggap bahwa warna pasir pantai disebabkan oleh hewan mikroskopik bernama foraminifera yang hanya bisa diamati dengan mikroskop. Hewan ini menyebabkan warna merah pada terumbu karang. Namun ada pula yang mengatakan bahwa hal ini disebabkan koral merah yang hancur atau cangkang hewan laut.

Pink  Beach Komodo Island
pantai pink pulau komodo, Foto:media-cdn.tripadvisor.com

Pantai yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan Pantai Merah ini relatif sepi dan tenang sehingga pas bagi yang ingin menenangkan diri. Pantai ini tak berpenghuni dan termasuk kawasan liar tempat tinggal para komodo. Karenanya perlu berhati-hati kala mengunjungi pantai ini jangan sampai mengganggu para komodo.

Selain itu ada larangan berenang di pantai kala ada komodo yang berkeliaran. Bagi para wanita yang sedang menstruasi harus lebih berhati-hati, pasalnya penciuman komodo sangat tajam, terutama ketika mencium bau darah. Jika berkunjung ke pantai ini sangat disarankan bersama pemandu atau polisi hutan yang bisa temui di pos penjagaan Taman Nasional Komodo.

Pink Beach Komodi Island
pantai pink pulau komodo, Foto:cerita.picmix.it

Kesunyian dan ketenangan Pink Beach berpadu dengan keindahan alam yang menakjubkan yang melengkapi suasana bersantai yang anda inginkan. Air lautnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan berpadu dengan cerahnya langit biru.

Di perairan dangkalnya anda bisa menyaksikan keindahan koral dan berbagai biota panorama bawah laut. Apalagi ketika sinar matahari menembus jernihnya air sehinga anda bisa menikmati surga lautnya dengan mata telanjang. Selain itu pantai ini juga dihiasi dengan perbukitan hijau yang memanjang dari ujung pantai hingga ke ujung yang lain seolah turut menjaga kelestarian alam pantai.

Selain menikmati pantainya, anda juga bisa melakukan diving ataupun snorkeling untuk bisa menikmati surga laut Pink Beach dengan leluasa. Tak perlu jauh-jauh hingga kedalaman tertentu karena di perairannya dangkalnya sudah memberikan pemandangan yang menakjubkan.

Pink Beach Komodi Island
pantai pink pulau komodo, Foto:www.pedomanwisata.com

Kecantikan pantai ini masih terjaga dan masih belum banyak kerusakan sehingga tak heran jika masih banyak keanekaragaman hayati yang bisa dinikmati. Tidak kurang dari 1.000 jenis ikan warna-warni yang tinggal di pantai ini bertemankan ratusan jenis karang dan puluhan jenis sponge hidup. Sayangnya arus di pantai merah cukup kuat karena merupakan pertemuan laut tropis dengan laut selatan. Karenanya anda yang hendak menyelam harus ekstra hati-hati.

Selain menyelam dan berkeliling pantai pengunjung juga bisa menikmati kelembutan pasirnya yang eksotis. Anda juga bisa bersantai dan bermandikan cahaya matahari dengan ditemani pemandangan alam yang indah. Jangan lewatkan untuk mengabadikan keindahan alam Pink Beach dalam bidikan kamera.

Pemandangan matahari terbenam di pantai ini juga saying untuk dilewatkan. Kunjungan ke pantai ini biasanya menjadi satu dengan paket berkeliling Taman Nasional Komodo.

Pink Beach Komodo Island bisa ditempuh dengan menyewa dengan speed boat atau kapal dari Labuan Bajo. Namun jika anda menggunakan paket tour Komodo biasanya dari Labuan Bajo terlebih dahulu menuju Dermaga Loh Buaya yang ada di  Pulau Rinca. Kurang lebih perjalanan ini memakan waktu selama 45 menit. Sementara dari Dermaga Loh Liang yang ada di Pulau Komodo hanya diperlukan waktu 30 menit perjalanan dengan kapal. (K-2)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *