Snorkeling Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta
Foto: Ari & Dedi

Pantai Sadranan Gunung Kidul Destinasinya Wisata Jogja Terbaru

Posted on

Mau ngerasain serunya snorkeling ? Pantai Sadranan jadi plihan tepat buat kamu yang mau ngabisin waktu liburan. Jaraknya ngga jauh ko’ dari pusat kota Jogja. Ngga seperti di Jakarta yang mau ke Anyer aja sampai butuh waktu tempuh berjam2 bahkan sampai setengah hari kalau situasi lalulintas lagi ngga bersahabat. Eh di Anyer belum ada lokasi untuk snorkeling ya’. Pulau seribu sih yang udah pasti ada  hehe..

Nah kalau kamu lagi ngabisin waktu liburan di Jogja atau sekitarnya pantai Sadranan Jogja ini jadi tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi. Karena kamu ngga cuma disuguhi keindahan pantai yang aduhai.

Ngga bermaksut lebai tapi boleh jujur ekspetasi kita sama Raja Ampat,bagi kamu yang belum sempet kesana sedikit terbayarkan nih kalau kamu ngunjungin pantai ini, soalnya geografis tepi laut di Gunung Kidul ini memang ngga jauh beda sama di Raja Ampat atau Pataya Thailand, yang banyak ditumbuhi gugusan bukit karang, hanya saja bedanya jika di raja Ampat, bukit karang banyak dijumpai ditengah-tengah perairan pantai. Seperti yang dilansir oleh transpagi.com bahwa di pantai-pantai Gunung Kidul, termasuk pantai Sadranan ini, gugusan bukit karangnya lebih banyak dijumpai di pesisir pantai.

Lokasi snorkeling

Karena geografis gugusan karang tersebut maka otomatis terumbu karang (coral reef) banyak ditemui dipesisir pantai Gunung Kidul. Hanya saja mengingat ini adalah pantai selatan, yang cenderung memiliki ombak yang lumayan besar, maka pengelola pantai disana menentukan lokasi snorkeling yang aman buat para pengunjung. Yup.. Pantai Sadranan jadi salah satunya, Bukit karang yang menjulang tinggi berjarak kurang lebih 500 m sebelum bibir pantai ini menjadi peredam hempasan ombak, jadi lokasi tersbut aman dan nyaman untuk bersnorkeling ria.

Sama kaya harga tiket masuk dipantai ini yang cuma 5 ribu rupiah, untuk nikmatin tantangan snorkeling ini pun kamu cuma perlu ngeluarin budget kurang lebih 30 – 50 rb, untuk sewa perlengkapan senorkeling disana, and perlu diinget.. ngga usah sok2an and tetep ikutin arahan petugas pantai disana ya.. buat keselamatan kamu sendiri.

 

Pantai Sadranan Gunung Kidul Jogja
Foto: Dedi Iskandar

Yang ngga kalah penting and wajib kamu tau.. pasang surut air laut juga nentuin kapan waktu yang tepat untuk snorkeling disana, air pasang terjadi dari pagi sampai siang hari, sedangkat air surut mulai dari siang hari hingga sore atau malam. So.. menurut pengalaman tim kami bahwa waktu yang paling tepat untuk snorkeling adalah pagi menjelang siang ketika air sedang pasang, karena ketinggian air laut masih jauh dari terumbu karang, jadi kita lebih pusa melihat keindahan ikan-ikan di dasar laut dan terumbu karangnya.

Bagaimana dengan senorkeling disore hari, sambil menunggu sunset matahari. Terbenamnya matahari disela-sela bukit karang, yang terbingkai pasir putih, dan ombak yang jernih, emang jadi moment yang ga boleh terlewatkan. Kamu tetep bisa ko senorkelingan disore hari, hanya saja, permuka’an air laut sudah semakin dekat dengan terumbu karang. Hanya saja ikan-ikan lucunya tidak akan terlalu banyak yang berseliweran, dan kecenderungan pengunjung banyak yang merusak terumbu karang, karena terinjak-injak.

Penginapan di Area Pantai Gunung Kidul

Karena banyaknya gugusan pantai di sepanjang garis pantai Gunung Kidul ini, maka buat kamu yang ingin menikmati keindahan pantai selain Sadranan, ada baiknya bermalam dipenginapan2 penginapan disana, berhubung penginapan disana masih tradisional, jadi kamu silahkan berngosiasi dengan guide disana ya.. pasti terjangkau ko’ and jangan lupa cari spot yang cuakep ya.. biar bisa dapetin sunrise dipagi hari.

Pantai Sadranan Gunung Kidul Yogyakarta

Kuliner Pantai Sadranan Gunung Kidul

Kalo soal makan ngga perlu dibahas pake basa-basi deh, jadi ngiler beneran nanti.. Tau kan khasnya Jogja yang serba murah, sama nih untuk nikmati menu seafood berkelas di Jakarta, biasanya kita pikir dua kali, takut gaji ngga nyampe samapi akhir bulan, tapi disini kamu bisa dapeti dengan harga kaki lima rasa bintang lima deh, terutama menu yang harus kamu coba yaitu Lobster, bayangin ngga kurang dari 50 ribu rupiah kamu udah bisa nikmatin kelezatan Lobster fresh from the oven. Manis sueger karena langsung dari laut, dan ngertiin kondisi dikantong. tapi biasain tanya harga dilokasi wisata yang baru kamu kunjungi ya, ini jadi jurus andalan tim Blue Turtle Jalan-Jalan kalau mau icip-icip makanan, hehe..

Sekian dulu ya reviewnya, nati kita update lagi inpoh2 tentang tempat-tempat wisata alam di jogja yang okeh punya tentunya.

Traveling Yes, tapi tetep jaga kesehatan, jangan buang sampah sembarang, and tetep jaga kelestarian alam.. Muah..

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *