Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Surfing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto Tabloidwisata

Surfing Di Pulau Merah Antara Kisah Mistis dan Jiwa Petualang

Posted on

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini masih bagian dari pantai selatan. Dari Banyuwangi kota sekitar 60 km, atau sekitar 3 Jam perjalanan. Infrastruktur seperti jalan, transportasi umum sudah sangat mendukung. Kondisi jalan sangat bagus dan sudah diaspal.

Pantai Pulau Merah oleh masyarakat setempat diberi julukan Pantai Ringin Pintu. Nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah laut yang tidak jauh dari pantai, yang memiliki tanah berwarna merah. Namun pulau tersebut tidak terlihat merah karena rimbunnya pepohonan yang menyelimuti pulau kecil tersebut.

Selain warna merah pada tanah bukit kecil tersebut, pantai ini memang terlihat sangat merah merona ketika sore hari. Warna kemerah-merahan tersebut disebabkan oleh pasir basah yang terkena sinar matahari sore dengan semburat merah kecoklatan, terutama pada saat kemarau.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pulau Merah, Foto:c2.staticflickr.com

Banyak kisah mistis yang beredar terkait dengan Pantai Pulau Merah ini. Diantara kisah kisah mistis yang konon pernah dialami masyarakat setempat yaitu selalu adanya kilatan cahaya merah yang melintas di pantai tersebut. Sehingga ada yang mengatakan hal tersebutlah yang menjadi latarbelakang penamaan Pantai ini sehingga bernama Pulau Merah. Kisah lain yaitu adanya sebuah Pura yang tidak tidak hancur ketika dilanda bencana Tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.

Memang tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain digunakan untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapatkan kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Pegunungan Bromo. Pengunjung diberi kesempatan untuk sekedar berkeliling santai sekitar pura dan melihat lihat tempat yang sakral ini.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Pura Tawang Alun Pantai Merah Banyuwangi. Foto Tabloidwisata

Pantai Pulau Merah Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit kedua bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan, dan juga ombak yang bisa digunakan untuk surfing.

Pantai pulau merah memiliki pasir putih yang terhampar sepanjang 3 km. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 m. Pada bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

 Pantai Merah Banyuwangi
Pulau Merah, Foto:indonesia.travel

Selain pemandangan menawan yang dimiliki nya, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove.

Terdapat beberapa petugas yang berjaga guna mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama mengawal pengunjung yang tengah beraktivitas baik hanya sekadar berenang di Pantai. Terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas ini untuk memantau keamanan bagi pengunjung.

Selain pantainya yang indah, Pantai Pulau Merah juga memiliki ombak yang menantang bagi mereka yang hobi berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh Surfer Mancanegara setiap harinya. Bahkan banyak dari mereka memilih untuk menginap selama berhari-hari bahkan sampai ada yang berminggu-minggu.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sendiri sering mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dalam event tersebut melibatkan peserta lebih dari 20 negara diseluruh dunia.

Pantai Pulau Merah Banyuwangi
Surfing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Foto pegipegi

Untuk yang hobi memancing, dapat memanfaatkan jasa perahu tradisional untuk memancing di tengah laut. Hal ini tentu menjadi keasyikan tersendiri, karena selain mendapatkan ikan, pengunjung juga akan dapat menikmati pemandangan bukit merah dari sisi lain.

Pantai Pulau Merah juga menyediakan aktivitas bagi  penggemar snorkeling. Di lokasi pantai Pulau Merah terdapat pihak yang menyewakan perlengkapan untuk snorkeling. Dan satu hal yang menarik adalah, harga sewa nya tidak semahal tempat sewa pada umumnya.

Ketika laut sedang surut, pengunjung dapat berpetualang ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut pengunjung dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Pulau Merah Banyuwangi
Pulau Merah, Foto:www.indonesia.travel

Setelah lelah bermain main atau berselancar, penjaja makanan dan minuman akan siap melayani makanan dan minuman. Di dalam lokasi pantai terdapat banyak kios yang menjual berbagai macam makanan khas Banyuwangi. Mulai dari makanan ringan, minuman, hingga masakan berjenis kuliner.

Ketika wisatawan memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, mereka akan disuguhkan dengan beragam masakan kuliner khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. Hal ini karena lokasi pantai ini dekat dengan pemukiman warga. Kebersihan tempat dan makanan yang disajikan tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Ketika anda berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, anda dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewa nya relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp.100.000 per malam.

Pulau Merah Banyuwangi
Pulau Merah, Foto:2.bp.blogspot.com

Anda dapat memilih homestay sesusai dengan fasilitas yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, seperti kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang anda inginkan. Selain dapat menikmati keindahan panorama Sunset, anda juga akan bertemu dengan banyak sekali bule yang juga menginap di area Homestay tersebut.

Untuk menuju Pantai Pulau Merah, apabila menggunakan transportasi umum dapat menggunakan angkutan umum menuju terminal Jajag, Banyuwangi lalu naik bus mini menuju Terminal Pesanggaran (Kec. Pesanggaran) dari sini bisa naik Ojek langsung menuju Lokasi Pantai Pulau Merah.

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalan yang bisa anda tempuh. Jika anda berangkat dari arah Barat Banyuwangi menuju Kecamatan Genteng lalu Kecamatan Pesanggaran kemudian Pantai Pulau Merah. Sedangkan jika berangkat dari arah Timur Banyuwangi atau dari Situbondo mengarah ke Kecamatan Jajag lalu Kecamatan Pesanggaran dan ke Pantai Pulau Merah. (K-2)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *