Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Foto:i.pinimg.com

Wisata Murah Pantai Banyu Tibo, Petualangan Unik Di Tebing Karang

Posted on

Pantai Banyu Tibo berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo sekitar 45 km dari pusat kota Pacitan. Desa ini dekat dengan perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah. Nama Banyu Tibo disematkan  karena pada bibir pantai terdapat air terjun yang langsung bermuara ke laut. Banyu dalam bahasa Jawa berarti air sedangkan Tibo berarti jatuh. Pendek kata, Banyu Tibo berarti air yang jatuh ke pantai.

Pantai ini berada pada sudut sempit dari garis pantai yang diapit jurang karang. Geografisnya yang unik membuat banyak wisatawan datang untuk mengabadikan keindahan panorama laut yang langsung berhadapan dengan Samudera Hindia ini.

Untuk menuju pantai ini, dari Kota Pacitan menuju ke jalan utama Pacitan-Solo. Ikuti petunjuk sampai ke arah Kalak. Sampai di Pasar Kalak, lanjutkan perjalanan ke arah kanan menuju Desa Widoro. Setelah itu Anda akan menemukan marka jalan yang menunjukkan lokasi Pantai Banyu Tibo.

Pada hari Senin sampai Jumat, tiket masuk orang dewasa sebesar Rp3.000 dan Rp2.000 untuk anak-anak. Seedangkan pada akhir pekan (Sabtu-Minggu), tiket dewasa Rp5.000, dan anak-anak Rp2.000.

Dari Atas Bukit Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Foto:ksmtour.com

Air yang terjun ke pantai tersebut berasal dari sumber mata air bawah tanah yang terletak di pegunungan karst sebelah utara desa. Karena itulah air tawar dari sungai bawah tanah tersebut membuat wisatawan dapat merasakan kesegaran curah air terjun tersebut langsung di atas pasir pantai. Air terjun ini tak pernah kering meskipun saat musim kemarau panjang.

Kombinasi pemandangan pasir halus, laut, dan biru langit, akan membuat pengunjung betah berlama-lama di pantai ini. Namun, karena pantainya terletak di bawah tebing yang curam, butuh kehati-hatian bagi yang ingin merasakan pasirnya atau sekadar berenang di Pantai Banyu Tibo. Merupakan tantangan tersendiri namun butuh kehati-hatian saat menyusuri jalur sempit dan licin, kemudian menuruni  tangga untuk mencapai pantai tersebut.

Dari Atas Bukit Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Foto:www.wisataterindah.net

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo dengan lebih baik, sebaiknya datang pada musim kemarau, saat ombak laut tak cukup besar, sehingga aman untuk turun ke pantai dan berenang di sana. Jika ombak besar, Anda pengunjung  hanya diperbolehkan melihat pemandangan dari atas tebing karena akan sangat berbahaya jika turun ke bibir pantai.

Bagi penghobi memancing ikan, terdapat spot khusus untuk aktivitas pemancingan di Pantai Banyu Tibo. Para pemancing biasa menyebutnya dengan rock fishing, karena pemancingan dilakukan dari atas pinggir tebing. Walau berbahaya namun memancing dengan posisi seperti itu, tetapi bisa menambah keseruan.

Walau letaknya sedikit terpencil, namun banyak penjaja makanan berjualan di daerah itu, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir mencari snack atau minuman saat menemani bersantai. (K-02)

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *